Berapa Besar Ukuran Sebuah Atom?



Mari kita mulai dengan mengatakan bahwa segala sesuatu yang kita ketahui tentang atom dewasa ini dapat saja berubah besok. Ilmu pengetahuan terus-menerus mempelajari hal-hal baru tentang atom pada waktu mesin-mesin penghancur atom dibuat.

Anehnya, kaya "atom" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tidak dapat dibagi." Orang-orang Yunani kuno menganggap atom sebagai partikel dari suatu zat yang paling kecil.
Namun, dewasa ini kita telah menemukan lebih dari 20 partikel yang berbeda di dalam ini aton! Para ilmuwan berpendapat bahwa sebuah atom terdiri dari elektron-elektron, proton-proton, neutron-neutron, positron-positron, neutrino-neutriono, meson-meson, dan hiperon-hiperon. Elektron-elektron adalah partikel-partikel yang membawa muatan listrik negatif yang sangat kecil. Proton, yang beratnya kira-kira 1.836 kali berat elektron, membawa muatan listrik positif. Neutron, masih lebih berat, tidak membawa muatan listrik sama sekali. Positron, yang ukurannya kira-kira sebesar kira-kira satu per dua ribu dari ukuran elektron, tidak mempunyai muatan. Meson dapat bermuatan positif atau negatif. Hiperon lebih besar dari proton.

Bagaimana semua partikel atau muatan ini disatukan untuk dijadikan atom masih belum diketahui. Tetapi atom-atom ini membentuk elemen-elemen dan berbeda satu sama lain. Satu hal yang membuat atom-atom berbeda adalah berdasarkan beratnya, dan dengan demikian, elemen-elemen digolongkan menurut berat-berat atomiknya. Misalnya, hidrogen adalah "1" pada daftar ini dan besi adalah "55". Ini berarti bahwa sebuah atom besi adalah 55 kali berat atom hidrogen.
Tetapi berat-berat ini sangat kecil. Sebuah atom hidrogen beratnya satu per sejuta-juta-juta-juta gram! Untuk memberi gambaran lain tentang betapa kecilnya atom-atom itu, mari kita melihat berapa banyak atom yang terdapat dalam satu hidrogen. Jawabannya adalah kira-kira 6 diikuti dengan 23 nol. Jika kamu mulai menghitungnya dan menghitung satu atom per detik, kamu akan memerlukan waktu sepuluh juta juta tahun untuk menghitung semua atom yang hanya terdapat dalam satu gram hidrogen!

 Sumber: Buku 'Aku Ingi Tahu' oleh Arkady Leokum

Semoga artikel Berapa Besar Ukuran Sebuah Atom? bermanfaat bagi Anda.

Apakah artikel ini bermanfaat?...Bagikan artikel kepada rekan via:

Posting Komentar

TERIMAKASIH KOMENTAR ANDA